Rabu, 24 Juli 2013

Perbedaan Tes Formatif & Sumatif

Tugas KDPJJ Topik 4

Perbedaan antara Tes Formatif dan Sumatif mengacu pada modul KDPJJ, secara garis besar Tes Formatif lebih mengarah pada latihan, pekerjaan rumah, tugas-tugas, dan ujian yang diadakan setiap harinya (modelnya keseharian) dan Tes Sumatif lebih mengarah diadakan saat akhir semester pembelajaran, yang bisanya berbentuk tugas akhir, ulangan umum atau ujian akhir.
Tes Formatif dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik, mengolah kemampuan atau skills, dan memperoleh uman balik dari peserta didik. Jika ada kekurangan pada proses pembelajaran maka proses tersebut akan terus diperbaiki agar  kemampuan peserta didik terus terasah.
Tes Sumatif umumya dilakukan di akhir proses pembelajaran, yang biasanya dilakukan di akhir semester. Dan tes ini bertujuan untuk menentukan apakah peserta didik lulus atau tidak dalam menempuh pembelajaran. Sedangkan dalam PJJ di Indonesia, tes sumatif dapat berbentuk tugas mandiri, ujian akhir semester, tugas tutorial, ujian praktik/pembuatan laporan, dan ujian komprehensif tertulis.

Course KDPJJ
Kalau menurut saya, mengacu pada perbedaan tes Formatif dan Sumatif, course kita menggunakan dua model course tersebut.
Berkaitan dengan tes formatif, hal ini dikarenakan, di sini kami mendapatkan tugas-tugas yang bersifat kompetensi harian yang akan mengolah skill kami yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan. Seperti membuat buku digital, dan diberikan soal-soal untuk menyatakan pendapat berbentuk tugas topik 1,2,3,4,5 yang dikumpulkan melalui edmodo. Dan tidak hanya itu, di course multimedia juga ada tugas formatif membuat video animasi 3 dimensi, dan membuat GIF (gambar bergerak) dan lain-lain.
Sedangkan mengapa juga masuk tes sumatif karena di sini kami juga mengikuti ujian akhir (UAS). Dan mendapatkan tugas akhir untuk membuat karya ilmiah.

--Anisa--


0 comments:

Posting Komentar