Tugas
KDPJJ Topik 2
Menurut saya, mengacu pada
link:
1.
Perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan
mengubah proses pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pengajar menjadi
berpusat pada peserta didik. Hal ini dapat terlaksana dengan menekankan ke arah
fasilitas pembelajaran. Di mana perubahan proses pembelajaran juga akan mengubah
hasil dari pendidikan. Semakin baik proses pembelajaran, mutu pendidikan pun
menjadi lebih baik. Namun pastinya setiap kebijakan model pembelajaran yang
diambil memiliki sisi positif dan negatif.
Saat fasilitas pembelajaran masih terhitung
kurang, peran pengajar amat dominan. Pengajar memegang penuh proses pembelajaran.
Sedangkan peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan oleh pengajar, dan
bersikap pasif. Hal ini dikarenakan karena peserta didik kekurangan referensi.
Keadaan ini yang mengakibatkan paradigma pendidikan berpusat pada pengajar.
Sedangkan sekarang ini, pemerintah telah
berusaha merombak proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana.
Salah satunya dalam hal IT lebih spesifiknya internet. Dengan adanya internet, peserta
didik dapat aktif mengeksplor pengetahuannya. Tanpa terbatas dengan waktu,
jarak dan ruang dimana ilmu itu di-share.
Dengan begitu, pengetahuan peserta didik akan
menjadi lebih berkembang dan mereka mampu menghadapi ujian yang diberikan
pendidik dengan lebih baik. Hal ini pula yang disebut peserta didik telah
aktif, yang mana sudah tidak terlalu begantung pada pengajar (pemberi bahan
materi). Dan aktifnya peserta didik merupakan wujud nyata berubahnya paradigma
pebelajaran dari terpusat ke pengajar menjadi terpusat ke peserta didik.
2. Dalam
Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) biasanya menggunakan fasilitas internet. Metode ini
dipilih agar pembelajaran dapat dilakukan dalam jarak yang jauh dan
keterbatasan waktu. PJJ merupakan bentuk nyata dari pendidikan yang terpusat ke
peserta didik, karena dalam PJJ peserta didik tidak bertatap muka secara
langsung dengan pengajar.
Jadi,
di sini pengajar hanya memberikan sedikit materi lalu memberikan tugas atau
ujian dengan batas waktu tertentu. Peserta didik juga mengeksplor pengetahuan
dan keterampilan mereka melalui internet dan media lain. Jika mengalami
kesusahan, peserta didik dapat berkomunikasi atau berdiskusi melalui internet. Jadi
intinya, peserta didik tidak sepenuhnya bergantung pada pengajar. Dan itu
mengapa PJJ merupakan paradigm pendidikan terpusat pada peserta didik.
--Anisa--
--Anisa--
0 comments:
Posting Komentar