Rabu, 24 Juli 2013

Teacher Centre Menjadi Student Centre

Tugas KDPJJ Topik 2

Menurut saya, mengacu pada link:

1.     Perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan mengubah proses pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik. Hal ini dapat terlaksana dengan menekankan ke arah fasilitas pembelajaran. Di mana perubahan proses pembelajaran juga akan mengubah hasil dari pendidikan. Semakin baik proses pembelajaran, mutu pendidikan pun menjadi lebih baik. Namun pastinya setiap kebijakan model pembelajaran yang diambil memiliki sisi positif dan negatif.
Saat fasilitas pembelajaran masih terhitung kurang, peran pengajar amat dominan. Pengajar memegang penuh proses pembelajaran. Sedangkan peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan oleh pengajar, dan bersikap pasif. Hal ini dikarenakan karena peserta didik kekurangan referensi. Keadaan ini yang mengakibatkan paradigma pendidikan berpusat pada pengajar.
Sedangkan sekarang ini, pemerintah telah berusaha merombak proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana. Salah satunya dalam hal IT lebih spesifiknya internet. Dengan adanya internet, peserta didik dapat aktif mengeksplor pengetahuannya. Tanpa terbatas dengan waktu, jarak dan ruang dimana ilmu itu di-share.
Dengan begitu, pengetahuan peserta didik akan menjadi lebih berkembang dan mereka mampu menghadapi ujian yang diberikan pendidik dengan lebih baik. Hal ini pula yang disebut peserta didik telah aktif, yang mana sudah tidak terlalu begantung pada pengajar (pemberi bahan materi). Dan aktifnya peserta didik merupakan wujud nyata berubahnya paradigma pebelajaran dari terpusat ke pengajar menjadi terpusat ke peserta didik.

2.    Dalam Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) biasanya menggunakan fasilitas internet. Metode ini dipilih agar pembelajaran dapat dilakukan dalam jarak yang jauh dan keterbatasan waktu. PJJ merupakan bentuk nyata dari pendidikan yang terpusat ke peserta didik, karena dalam PJJ peserta didik tidak bertatap muka secara langsung dengan pengajar.
Jadi, di sini pengajar hanya memberikan sedikit materi lalu memberikan tugas atau ujian dengan batas waktu tertentu. Peserta didik juga mengeksplor pengetahuan dan keterampilan mereka melalui internet dan media lain. Jika mengalami kesusahan, peserta didik dapat berkomunikasi atau berdiskusi melalui internet. Jadi intinya, peserta didik tidak sepenuhnya bergantung pada pengajar. Dan itu mengapa PJJ merupakan paradigm pendidikan terpusat pada peserta didik.

--Anisa--

Related Posts:

0 comments:

Posting Komentar