Rabu, 24 Juli 2013

Seputar SEAMOLEC, Perbincangan dengan Pak Prayitno

Berbincang dengan Pak Prayitno, Divisi IT Content SEAMOLEC
Assalamu’alaikum wr wb
Pada kesempatan kali ini, saya ingin menceritakan beberapa hal yang berkaitan dengan perbincangan saya (Isnaini Anisa Ardi) dan teman saya Anggun Nofitasari dengan Pak Prayitno yang merupakan staff divisi IT Content di SEAMOLEC.
Sebenarnya, saya dan Anggun mendapatkan tugas untuk berbincang dengan Bu Ratih manager IT Content, namun karena waktu kami mengerjakan tugas amat sempit dan Bu Ratih amat sibuk, jadi kami memutuskan untuk berbincang dengan Pak Prayitno yang saat itu sedang longgar, karena kami takut akan kehabisan waktu. Kami berbincang siang tadi (Rabu 24 Juli 2013 pukul 13.00).
Pak Prayitno berasal dari Semarang, dan telah bekerja di SEAMOLEC sejak tahun 2009. Beliau merupakan lulusan D4 PENS-ITS dan S2 ITB. Tidak tanggung-tanggung, beliau menceritakan banyak hal yang beliau ketahui, mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan SEAMOLEC secara umum sampai divisi IT Content.
Dalam perbincangan kami tadi siang, beliau juga menjelaskan apa itu SEAMOLEC. Mungkin karena walaupun telah sering kami (para peserta magang) mendengarnya, namun belum mengetahui secara pasti.
Wassalamu’alaikum wr wb


SEAMOLEC
--> Southeast Asian Ministers of Education Organization
     Regional Open Learning Centre
~ Expertise on applying ICT – based open and distance learning in Southeast Asia! ~
Memiliki arti yakni organisasi menteri-menteri pendidikan Asia Tenggara. Pusat pembelajaran terbuka secara regional (Negara-negaraĂ  se-Asia Tenggara).
SEAMOLEC merupakan lembaga yang didirikan oleh Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara pada tahun 1997. Lembaga ini menawarkan kemudahan belajar dengan cara Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Di sini, SEAMOLEC bekerja fokus pada PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) se-Asia Tenggara. Dan mengapa lebih ke bidang IT, karena dalam sistem pembelaaran, IT amatlah membantu. Baik dilihat dari segi efisiensi, manfaat dll. Misalnya dalam membuat modul pembelajaran, di buku digital dapat dimasukkan gambar, animasi 2 dimensi, musik, maupun video. Dengan lengkapnya penggambaran materi dalam sebuah modul, maka maateri yang disampaikan akan mudah dipahami peserta didik. Dan sistem PJJ ini memiliki kelebihan tidak dibatasi jarak, ruang, waktu dan bersifat terbuka Saat ini, SEAMOLEC turut bekerja sama dengan SMK, SMA dan Perguruan Tinggi. Baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri.


MOOC (Massive Open Online Course)
Singkatnya, MOOC merupakan model pendidikan, mata kuliah ataupun keterampilan melalui online degan syarat menjangkau wilayah yang banyak/luas. Terdiri dari anggota yang sangat banyak. Dan yang mengikuti Course ini tidak harus menjadi anggota dari yang membuat course,
Seperti yang telah melaksanakan program ini antara lain universitas-universitas terkenal di dunia seperti Stanford, Harvard dan MIT.
 Jika mahasiswa di Indonesia ingin mengikuti, mengakses course dari universitas tersebut, tidak perlu menjadi mahasiswa universitas tersebut. Karena universitas tersebut menyediakan course yang dapat diakses siapa saja secara terbuka.
Kemasan pendidikan yang ditawarkan pada prinsipnya adalah mampu menghasilkan kompetensi keahlian, dengan mempertimbangkan beberapa faktor:
1) Mudah diakses secara online,
2) Murah dalam biaya,
3) Masal (massive) tidak ada pembatasan peserta,
4) Minat terhadap pelatihan sangat ditentukan oleh kompetensi yang spesifik dan menjawab kebutuhan pasar kerja, dan
5) Mampu meningkatkan kompetensi keahlian sesuai kebutuhan.
Dan metode yang digunakan dalam model pendidikan MOOC misalnya dengan metode online, CD interaktif maupun modul. Melalui online misalnya dengan Edmodo, yang merupakan sejenis Facebook namun digunakan untuk media pembelajaran. Dan didalamnya jika akan mengumpulkan tugas diupload di situ.
Media lainnya misalnya SEAMOLEC Multi Studio (SMS), yang merupakan pengembangan bahan ajar berbasis video. Media selanjutnya yakni Digital Book sebagai bahan ajar yang diakses secara offline melalui perangkat bergerak, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Selanjutnya Web Seminar (Webinar), sebagai media komunikasi jarak jauh berbasis internet untuk menyelenggarakan online conference/seminar. Dan terakhir SEACyberClass, didedikasikan untuk ujian semi-online yang memungkinkan pelaksanaan evaluasi yang kontinu.

IT Content
Merupakan salah satu divisi yang ada di SEAMOLEC. Dilihat dari namanya, sudah dapat ditebak tugas dari divisi ini yakni mengurus konten-konten yang ada di SEAMOLEC. Lebih tepatnya, mempersiapkan, membuat, menyajikan dan mereview konten-konten yang ada di SEAMOLEC (berkaitan juga dengan proposal).

Link sumber yang dapat dibaca:


--Anisa--

0 comments:

Posting Komentar