Rabu, 10 April 2019

Ayoo... Bangunkan Raksaa Itu!!


Apa yang terletak di belakang kita dan apa yang terletak di depan kita hanya persoalan kecil dibandingkan dengan apa yang terletak di dalam diri kita. (Oliver Wendell Holmes)

Kisah Ujang dan Butet


Suatu malam, Ujang dan Butet sedang bersenang-senang nonton layar tancep di kampung sebelah. Setelah nonton dengan puas, Butet pulang duluan. Karena sudah larut malam, dia mengambil jalan pintas. Butet melewati komplek pemakaman desa. Saat itu malam amat gelap sehingga ia jatuh ke sebuah lubang besar yang digunakan untuk pemakaman besok.
Butet mencoba memanjat keluar lubang kuburan tempat dia terperosok, tetapi ia tetap tidak bisa keluar karena lubangnya sangat dalam. Butet pun mulai teriak minta tolong, namun tak seorang pun mendengarkan. Ya iyalah, malam-malam mana ada orang yang mau lewat kbuburan. Ketika merasa lelah, dia memutuskan untuk tidur di salah satu sudut dari lubang kuburan itu.
Beberapa jam berlalu akhirnya giliran Ujang pulang juga, dia pun mencari jalan pintas melalui pemakaman agar bisa sampai rumah dengan cepat. Singkat kata, Ujang berjalan dalam kegelapan dan dia jatuh pada lubang yang sama, tempat si Butet jatuh sebelumnya. Ujang sangat takut dan mencoba sekuat tenaga memanjat kelar dari lubang kuburan itu.
Setelah hampir setengah jam mencoba, Ujang tetap tidak bisa keluar dari lubang dan mulai berteriak minta tolong. Ternyata teriakan itu membangunkan Butet yang tertidur. Butet pun berkata pada Ujang dengan suara pelan, “Hai teman, kamu tidak akan bisa keluar dari sini malam ini.” Mendengar suara itu, dalam sekejap Ujang berhasil keluar dari lubang, lalu lari seakan-akan dikejar hantu.

 Hikmah Dibalik Kisah


Ujang benar-benar berpikir bahwa ia telah mendengar hantu yang bicara padanya. Dalam sekejap ia berhasil melompat ke luar dari lubang kuburan. Dari kisah ini dapat diambil hikmah, bahwa sesunggguhnya kita semua memiliki sumber energi potensial yang tersembunyi dalam diri kita. Hanya masalahnya, kita tidak tahu cara membangun dan menggunakannya.
Semua manusia memiliki kekuatan yang luar biasa, seperti raksasa dalam dirinya. Kekuatan itu biasa disebut dengan inner power. Kekuatan itu bisa muncul ketika kita hendak menggunakannya, walaupun belum tentu kita mampu melakukannya. Satu hal yang paling penting adalah memiliki kemauan. Kemauan itu lho yang ternyata seringkali memampukan manusia, atau setidaknya bisa menyadarkan bahwa ada kemampuan yang besar dalam diri kita.
Hanya orang yang memiliki kehendak untuk melakukan latihan secara rutin, mau bekerja keras, mau bekerja cerdas dan mau berseungguh-sungguh bekerja dengan ikhlas, dan hanya orang-orang yang tau di mana raksasa dalam dirinya dan mau membangunkannya lah yang akan mampu meraih cita-cita dan impian hidupnya.



Sumber: Buku Remaja Revo, Tekad Pantang Menyerah
Penulis: Purnadina, 2010

0 comments:

Posting Komentar