Jumat, 23 Agustus 2013

Tugas Akhir PJJ

Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting sedikit saja tugas akhir PJJ yang diberikan Pak Timbul di blog saya. Saya mengambil judul Pentingnya Peran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Pendidikan Tinggi di Indonesia. Sebagai gambarannya, bagian pertama seperti ini hehe ...

A.    Pengertian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
PJJ merupakan salah satu solusi untuk masalah pendidikan di Indonesia. Yakni  berkaitan dengan susahnya pemerataan pendidikan tinggi bagi warga Indonesia yang terdapat di wilayah terpencil ataupun bagi yang telah memiliki pekerjaan (tidak dapat meninggalkan tanggungjawab untuk kuliah). PJJ merupakan salah satu model pembelajaran, yang merupakan kependekan dari Pembelajaran Jarak Jauh. Terdapat beberapa definisi mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dikemukakan oleh para ahli. Dan salah satunya adalah berikut ini:
“Suatu metode pembelajaran dimana proses dosenan terjadi secara terpisah dari proses belajar, sehingga omunikasi antara tenaga dosen dan siswa harus difasilitasikan melalui bahan cetak, media elektronik, dan media-media lainnya” (Moore, 1973).
Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa PJJ adalah suatu metode pembelajaran yang telah terkonsep dimana antara pengajar dan peserta didik tetap dapat melakukan pembelajaran tanpa harus bertemu dan bertatap muka secara langsung (tempatnya terpisah). Dan pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi ataupun media seperti: email, moodle, skype, facebook, blog, dan lainnya yang memanfaatkan internet.
Dalam perkembangannya, sistem pendidikan jarak jauh mengambil manfaat besar dari perkembangan media dan teknologi pembelajaran yang dapat menjembatani kebutuhan akan pendidikan secara massal dan luas. Perkembangan teknologi yang pesat memunculkan model pendidikan jarak jauh yang fleksibel dan cerdas, mampu membuka akses pendidikan bagi siapa saja melintasi batas ruang dan waktu, serta mengatasi berbagai kendala sosioekonomis.

Untuk lengkapnya, dapat diunduh di http://www.4shared.com/file/RiYG-IS2/Tugas_Akhir_PJJ.html
 tapi cantumkan sumber ya ^^ 


---Anisa---

0 comments:

Posting Komentar